Bedanya Flash Fiction, Flash True Story, Cerpen dan Novel

Hai,, sahabat cerpenis, salam literasi ! Tadi admin ditanya sama seseorang anak SMP yang lagi belajar nulis fiksi, adik itu bertanya bedanya Bedanya Flash Fiction, Flash True Story? Ok baiklah mungkin bisa saya jawab sebisanya, kalau salah booleh digugat, karena ilmu itu selalu berkembang jadi ilmu mempunyai kebenaran yang sementara.

OK, Apa itu Flash Fiction?
Flash fiction adalah sebuah jenis karya fiksi yang sangat singkat, bahkan lebih ringkas daripada cerita pendek. Pada umumnya sebuah flash fiction, memiliki antara 250 dan 1000 kata. Berbeda dengan Cerpen yang mencapai 2000 sampai dengan 20000 kata. FF ini biasa disebut cerita mini atau CERMIN.

Nah terus apa itu Flash true Story, ?
Lebih jelasnya seperti kita curhat di buku diery,haha (Kalau masih ada). Flash True Story artinya menceritakan atau menulis karangan nyata dan yang berlangsung atau pengalaman.

Jadi kesimpulannya, sama sama karangan tetapi beda dalam topik yang diambil untuk dijakdikan karangan atau karya.

Untuk cerpen atau cerita pendek adalah kakak dari cermin , karena bedanya terletak pada jumlah kata saja. Cerpen ini sangat digemari para penulis pemula karena mudah, sedang dan sering dilombakan, sehingga sering jadi ajang untuk mengasah diri.

Lnjut ke Novel adalah Kakak pertama dari jenis karya fiksi dengan jumlah katayang banyak dan mengandung banyak prosa, watak, tokoh latar yang diusung. Namun lebih jelas menurut KBBI Novel adalah  karangan prosa yg panjang mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dng orang di sekelilingnya dng menonjolkan watak dan sifat setiap pelaku.

Mungkin sekian dulu dari admin, jika ada pertanyaan dan keluhan bisa hubungi langung pada contact pada blog ini, Sekian dan semoga bermanfaat.

Salam literasi, Go go go..

Related Posts:

0 Response to "Bedanya Flash Fiction, Flash True Story, Cerpen dan Novel"

Post a Comment