5 Tema yang diminati dalam menulis cerpen, novel dan puisi

Wadahcerpen-Hay sobat literasi apa kabar kalian, apakah kalian masih rajin menulis dalam membuat karya karyamu yang gemilang? saya harap, iya, karena teknik bertahan dalam kepenulisan adalah terus berkarya. Jadi, kalau kalian berhenti berkarya, siap siaplah kalah dalam bersaing didunnia literasi.

Suatu karya dibuat memang dengan perasaan dan ketenangan agar nilai estetikanya bagus. Namun, tidak erta merta karya itu bagus dan diminati banyak orang. Sebelum memulai menulis alangkah baiknya anda melihat keadaan sekitar yang aktual untuk dijadikan tema karya anda.

Well, saya sedikit merangkum dari pengalaman teman teman saya yang bekerja di penerbitan tentang pemilihan tema dan tema apa yang cocok untuk sekarang ini. inilah tema yang mungkin dapat kalian pilih sebagai tema karya kalian.

Pertama, Kesuksesan hidup
Orang jaman sekarang banyak mencari buku atau karya tentang kesuksesan hidup. Mereka ingin meniru orang sukses baik itu sukses dalam duniawi maupun akhirat atau rohani.

Kedua, Cinta
Siapa si yang ga butuh cinta atau ga ingin memiliki rasa cinta? tentu ga ada. Tema ini cocok untuk orang yang intuitif(perasaaan baget) dan remaja remaja labil jaman sekarang.

Ketiga, agama
Lagi lagi soal kehidupan, dimana manusia ingin selalu berubah dan memperbaiki diri lewat agama. Tema ini selalu laris namun relatif.

keempat, Pendidikan (science)
Mereka yang bodoh tentunya ingin belajar belajar lagi. Banyak yang belajar melaui karya karya hingga jadi orang sukses karena terinspirasi karya.

Terakhir sejarah,
semua berawal dari masa lalu. Kita ingin tahu dari sejarah, karya sastra tentang sejarah banyak sekali bertebaran terutama tentang tokoh tokoh dengan pemikirannya.

Itulah Tema yang cocok untuk membuat novel era sekarang. Sempga bisa bermanfaat dan membantu dalam menulis karya karya kalian. Terima kasih

Related Posts:

0 Response to "5 Tema yang diminati dalam menulis cerpen, novel dan puisi"

Post a Comment