3 Hal yang penting sebelum menjadi penulis profesional

Selamat malam, sahabat literasi semoga selalu dalam keadaan bahagia. Kali mimin mau sedikit curhat di blog ini, blog sederhana. Pengalaman dari menulis di blog lain sampai saat ini bagaima menjadi penulis profesional, ini caranya !


Menulis SEBAGAI ILMU
Ilmu manajemen merupakan suatu kumpulan pengetahuan yang disistemisasi, dikumpulkan dan diterima kebenarannya. Hal ini dibuktikan dengan adanya metode ilmiah yang dapat digunakan dalam setiap penyelesaian masalah dalam manajemen. Semuanya dilakukan dengan kita menulis, apa yang kita ketahui adalah apa yang kita tulis.

Seorang profesor pun menganggap bahwa menulis adalah manajemen sebagai ilmu (science) yang obyektif-rasional, bisa dipelajari oleh siapa pun. Bahkan para ilmuwan dengan sangat fasih menguraikan teori-teori yang dikembangkannya lewat tulisannya. Sebagai ilmu, menulis dengan sangat sistematis merupakan suatu uraian menyeluruh mengenai konsep-konsep dan langkah-langkah praktis yang siap implementasi.

Menulis sebagai ilmu karena manajemen bisa dipelajari seperti halnya ilmu pengetahuan. Seni karena keragaman. Menulis sebagai profesi karena manajemen bisa digunakan sebagai batu pijak dan karir.

Menulis itu seni
Sebagai seni karena keragaman. Beragam karangan diciptakan lewat menulis sdalam bentuk karya cerpen, novel dan puisi. Karangan tersebut mempunyai karakter yang berbeda sesuai pengarangnya.

Menulis sebagai Profesi

Banyak usaha telah dilakukan untuk mengaplikasikan menulis sebagai suatu profesi. Edgar H. Schein telah menguraikan kriteria-kriteria untuk menentukan sesuatu sebagai profesi yang dapat diperinci sebagai berikut:

1. Para profesional membuat keputusan atas dasar prinsip- prinsip umum. Adanya pendidikan, dan program-program latihan formal menunjukkan bahwa ada prinsip-prinsip menulis tertentu yang dapat diandalkan.

2. Para profesional mendapatkan status tertentu, bukan karena favoritisme atau karena suku bangsa atau agamanya dan kriteria politik atau sosial budayanya.

3. Para profesional harus ditentukan oleh suatu kode etik yang kuat, dengan disiplin untuk mereka yang menjadi kliennya

Related Posts:

0 Response to "3 Hal yang penting sebelum menjadi penulis profesional"

Post a Comment